Journal of Rayshaa

 
Co Author

Photobucket

Name: Ananda Sabil Hussein, SE, MSM
Home:Malang, Jawa Timur
About Me:I am a lecturer in one of public universities in Indonesia
See my complete profile
Supported by
.
Sign in Here
Name :
Web URL :
Message :
.
Search Engine
.
Visitors
.
Perilaku Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Bank Syariah
Selasa, 10 Juni 2008

Perkembangan pesat perbankan syariah yang tidak diimbangi dengan market share industri-nya, secara langsung menggambarkan peluang dan permasalahan tersendiri bagi perbankan syariah. Upaya untuk meningkatkan market share pada dasarnya bisa dilakukan dengan mempelajari perilaku nasabah yang ada, yakni dengan mempelajari motivasi mereka dalam bertransaksi dengan perbankan syariah.

Dengan menggunakan keranga Theory of Planned Behavior, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh sikap terhadap perilaku (attitude towards behavior), norma subjektif (subjective norms) dan persepsi perilaku pengendali (perceived control behavior) terhadap perilaku nasabah dalam bertransaksi dengan Bank Syariah di Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang bersifat kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Instrumen penelitian adalah kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden yang merupakan nasabah dari Bank Mummalat dan Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian kemudian diuji dengan uji regresi berganda dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior), norma subjektif (subjevtive norm), dan persepsi pengendalian perilaku (perceived control behavior) terhadap keputusan nasabah untuk bertransaksi dengan perbankan syariah. Dari ketiga variabel independen, terbukti bahwa variabel sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) merupakan varibel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah untuk bertransaksi dengan perbankan syariah. Variabel berpengaruh dominan kedua adalah perceived control behavior dan ketiga adalah subjective norm.

Writen by:

Anita Wijayanti, SE, MSA, Ak

Ananda Sabil Hussein, SE, MSM

Eris Tri Kurniawati, SE, MM, Ak

posted by misterhussein @ 20.44  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
Search Engine Optimization - AddMe
Author

Photobucket

Name: Raditha Hapsari
Home: Malang, Jawa Timur
About Me: Educational Background 1. Bachelor of Economic Unibraw 2. Master of Management Unibraw Working Experiences 1. Trainer 2. Training and Development SPV 3. Business Woman
See my complete profile
Previous Post
Archives
Friends
Template by

Blogger Templates

BLOGGER

Put your Banner Here